Apa Itu Proprietary Software
 

Apa Arti Kata Proprietary?
Dari segi bahasa, istilah proprietary berasal dari kata proprietary (adjektif, benda) dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Latin proprietas1. Arti kata Inggris proprietary adalah dimiliki atau dikendalikan oleh proprietor. Kata Latin proprietas di dalam Bahasa Inggris berarti property (benda). Kata Inggris proprietor (benda) berarti pemilik. Bentuk jamak dari kata Inggris proprietary (benda) adalah proprietaries (benda), dan serapan Bahasa Indonesianya adalah proprietari (benda) (menggunakan i bukan y). Istilah proprietary merujuk kepada suatu benda yang dimiliki oleh suatu pemilik.

Apa Arti Kata Software?
Dari segi bahasa, istilah software berasal dari kata Inggris software yang merupakan gabungan kata soft dan ware. Soft artinya lunak, ware artinya perangkat. Istilah software (satu kata) diserap ke dalam Bahasa Indonesia sebagai frasa istilah perangkat lunak (dua kata). Istilah software merujuk kepada benda abstrak yang dijalankan oleh komputer sebagai instruksi-instruksi untuk melaksanakan suatu fungsi tertentu. Contoh software misalnya Mozilla Firefox atau GNU bash.

Apa Arti Frasa Proprietary Software?
Dari segi bahasa, frasa proprietary software di dalam Bahasa Inggris berarti perangkat lunak yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu pemilik. Dengan kata lain, ialah perangkat lunak yang merupakan property dari suatu pihak tertentu.

Apa Definisi Proprietary Software?
Dari sudut pandang free software, proprietary software adalah software yang gagal mencocoki salah satu poin atau lebih, dari empat poin Free Software Definition (Definisi Perangkat Lunak Bebas). Dengan kata lain, jika suatu software tidak mencocoki keempat poin Free Software Definition secara keseluruhan dan berbarengan, maka software itu disebut proprietary software.

Apa Contoh Proprietary Software?
Contoh proprietary software dari dua jenis platform sistem operasi proprietary terpopuler di dunia yaitu Windows dan Mac ditulis dalam tabel berikut. Dicontohkan software terpopuler di sini semata untuk mempermudah pengenalan.


Platform Windows

Platform Mac

Kategori

Nama Software

Nama Software

Sistem operasi

Microsoft Windows

Apple Mac OS X

Office suite

Microsoft Office

Apple iWork

Word Processor

Microsoft Word

Apple Pages

Spreadsheet

Microsoft Excel

Apple Numbers

Presentation

Microsoft PowerPoint

Apple Keynote

Email client

Microsoft Outlook

Apple Mail

Web browser

Internet Explorer

Apple Safari

IRC client

mIRC

Snak

Bitmap image editor

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Vector image editor

CorelDRAW

Adobe Illustrator

Desktop publishing

Adobe InDesign

Adobe InDesign

Audio player

Nullsoft Winamp

Apple iTunes

Video player

Windows Media Player

Apple QuickTime Player

Video editor

Adobe AfterEffects

Apple Final Cut Studio

Audio editor

Adobe Audition

Adobe Audition

3D CAD

Autodesk AutoCAD

Autodesk AutoCAD

3D modeller

Autodesk 3D Studio Max

Lightwave

Game content delivery

Valve Steam

Valve Steam

Cache cleaner utility

Piriform CCleaner

CleanMyMac

Antivirus

Grisoft AVG

Grisoft AVG

Game

Half-Life 2

Half-Life 2

Text editor

Microsoft Notepad

TextEdit

Advanced text editor

Sublime Text

TextMate

Integrated development environment

Microsoft Visual Studio


Siapa Tokoh Proprietary Software?
Ditinjau dari nama-nama vendor yang menjadi pimpinan, simbol, atau pemilik pengaruh besar proprietary software, berikut disebutkan sejumlah vendor beserta produk proprietary terpopuler masing-masing. Di antara tokoh-tokoh terkenal berikut, yang paling menonjol dari mereka adalah Microsoft dan Apple.

  • AT&T: produknya sistem operasi UNIX® (1969).
  • Microsoft: produknya sistem operasi Windows® (1985).
  • Apple: produknya sistem operasi Mac OS® (1984).
  • IBM: produknya AIX® (1986).
  • SGI: produknya IRIX® (1983).
  • DEC: produknya Ultrix® (1984).
  • HP: produknya HP-UX® (1984).
  • Adobe: produknya Adobe Photoshop® (1990).
  • Corel: produknya CorelDRAW® (1989).
  • Autodesk: produknya AutoCAD® (1982).

Apa yang Menyebabkan Software Menjadi Proprietary?
Lisensinya.

Apa Saja Lisensi Proprietary Software?
Lisensi di dalam proprietary software umumnya disebut dengan istilah End User License Agreement (EULA). Lisensi proprietary software atau EULA ini jumlahnya sangat banyak akibat umumnya setiap satu software memiliki EULA sendiri-sendiri. Satu nama produk yang sama dengan tahun rilis berbeda bisa memiliki EULA berbeda pula. Bahkan bisa jadi vendor membuat lisensi baru setiap kali membuat satu produk software. EULA dari Microsoft Office berbeda dengan EULA dari Adobe Photoshop, dan seterusnya. Di luar itu ada juga vendor yang memberlakukan satu EULA untuk semua produknya. Sebagai pembanding, jumlah lisensi free software jauh lebih sedikit karena umumnya banyak free software berbeda memakai satu lisensi yang sama. Para developer free software tidak membuat lisensi baru setiap kali membuat suatu software, melainkan biasanya memakai salah satu lisensi yang sudah ada yang dianggap paling baik untuk semua atau beberapa software karyanya. Berikut ini sejumlah contoh proprietary software terpopuler berikut alamat URL lisensi masing-masing.

Apa Bedanya Proprietary Software dengan Commercial Software?
Proprietary artinya dimiliki, commercial artinya berbayar. Keduanya berbeda. Keduanya adalah dua kategori software yang terpisah satu sama lain. Commercial software bukan berarti proprietary software, dan sebaliknya proprietary software juga bukan berarti commercial software. Ditinjau dari sudut pandang proprietary, ada proprietary yang commercial, misalnya Microsoft Office; dan ada juga proprietary yang gratis, misalnya Avira AntiVir PE. Ditinjau dari sudut pandang free software, ada free software yang commercial, misalnya Red Hat Enterprise Linux; dan ada juga free software yang gratis, misalnya gNewsense GNU/Linux. Maka baik proprietary maupun free software tidak dibatasi harga, keduanya terkadang ada yang gratis dan terkadang ada yang komersial. Proprietary tidak bersinonim dengan commercial dan sebaliknya free software tidak bersinonim dengan gratis.

Sumber : https://malsasa.wordpress.com/2016/04/07/apa-itu-proprietary-software/